Breaking News:

Tips Mendaki Gunung saat Musim Hujan, Simak 5 Hal Penting Berikut Ini

Bagi Anda yang gemar mendaki gunung lebih waspada karena jalanan bertekstur tanah di gunung menjadi licin pada musim hujan.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
kieferpix
Ilustrasi mendaki gunung 

TRIBUNSOLO.COM - Beberapa daerah di Indonesia kini sudah mulai sering turun hujan.

Bagi Anda yang gemar mendaki gunung lebih waspada karena jalanan bertekstur tanah di gunung menjadi licin pada musim hujan.

Baca juga: Kisah Warga Ponorogo Kumpulkan Koin Rp 100 Buat Bayar Pajak, Minta Uang Rakyat Tak Diselewengkan

Hal tersebut yang bisa saja menimbulkan pendaki terpeleset atau terjatuh. Hujan yang tak bisa diprediksi waktunya pun juga menjadi tantangan berikutnya.

Ada pula kabut tebal yang kerap menghiasi perjalanan pendakian pada musim hujan. Jarak pandang pun menjadi terbatas dan bisa membuat pendaki tersesat.

Namun, pendakian saat musim hujan masih bisa dilakukan apabila pendaki memahami beberapa hal sebelum terjun ke lapangan.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Rahman Mukhlis mengatakan, ada lima tips yang perlu diperhatikan para pendaki ketika akan naik gunung saat musim hujan.

"Pertama, pastikan kondisi tubuh sehat dan bugar dulu. Lalu bawa pakaian ganti lebih banyak dari biasanya itu perlu," kata Rahman saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

1. Pastikan kondisi tubuh sehat dan bugar

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan kondisi tubuh sehat dan bugar. Pendaki harus lebih ekstra memerhatikan kondisi tubuh sebelum pendakian.

Kondisi tubuhmu harus prima untuk melakukan pendakian pada musim hujan. Hal ini karena pada musim hujan, orang cenderung rawan terkena penyakit.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved