Breaking News:

Berita Solo Terbaru

Tes Swab Antigen di Jumenengan ke-17 PB XIII, 1 Tamu Undangan Reaktif Covid-19, Langsung Dikarantina

Dalam pantauan Tribunsolo.com, kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut sudah ramai dipadat oleh para tamu undangan yang hadir.

TRIBUNSOLO.COM/Azhfar Muhammad Robbani
Salah satu petugas saat melakukan tes rapid di Jumenengan ke-17 PB XIII, Selasa (9/3/2021) 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Azhfar Muhammad Robbani 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat  menggelar Jumenengan Tingalan Dalem Sisks Paku Buwono XIIIjumenengan atau peringatan naik tahta ke-17 bagi raja kraton.

Dalam pantauan Tribunsolo.com, kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut sudah ramai dipadat oleh para tamu undangan yang hadir.

Baca juga: Akhir Menjabat Wali Kota, FX Rudy Berharap Kisruh Keraton Solo Rampung : Biar Kuncoro, Ini Artinya

Baca juga: Ini Pesan Tingalan Jumenengan Dalem ke-32 Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Tengah Pandemi Corona

Di masa pandemi covid-19, kegiatan Keraton tersebut mengundang banyak masa sehingga diberlakukan protokol kesehatan berupa tes usap cepat atau tes swap antigen. 

Tak terkecuali dengan acara jumenengan yang digelar hari ini pada Selasa (9/3/2021).

Seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan Jumenengan ini wajib untuk melakukan tes usap cepat atau swab test antigen di selasar depan kraton.

Bekerja sama dengan Rumah Sakit DKT Slamet Riyadi, sebanyak 12 orang tenaga kesehatan dikerahkan untuk mengawal dan melakukan pengecekan kesehatan tamu undangan.

Prawira koordinator lapangan pengecekan kesehatan dari RS Slamet Riyadi, Nanang Abriyanto memaparkan akan ada 500 tamu undangan yang di tes swab antigen oleh pihak tenaga kesehatan. 

“Dari panitia sih harusnya sekitar 500 an orang tapi ini baru 270 orang yang dilakukan pengambilan sampel,” ujar Nanang, Selasa (9/3/2021).

Dari 270 sampe tamu undangan yang diperiksa hari ini, didapati satu peserta tamu undangan yang reaktif covid-19.

“Iya mas alhamdulillah gak banyak cuman satu orang yang dinyatakan reaktif terus ditindak lanjuti kepada panitia agar tidak masuk ke kraton,” katanya.

Tamu yang berasal dari Karanganyar tersebut sekarang sudah dibawa ke tempat karantina.

“Tamu yang didapati reaktif positif Covid tadi sekarang sudah di bawa ke RS. Sasono mulyo dan memang sepertinya orangnya tanpa gejala,” pungkas Nanang (*)

Penulis: Azfar Muhammad
Editor: Eka Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved