Breaking News:

Berita Solo Terbaru

Potret Kampung yang Bakal Lenyap, Imbas Proyek Rel Layang Joglo Ala Gibran : Sudah Diukur & Ditandai

Baru beberapa hari diputuskan bakal dibangun proyek rel layang di simpang Joglo Solo, rumah warga sudah didata.

Penulis: Azfar Muhammad | Editor: Asep Abdullah Rowi
TribunSolo.com/Azfar Muhammad
Penampakan rumah warga yang terdampak proyek rel layang Joglo di RT 01 RW 08, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Kamis (11/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Azhfar Muhammad Robbani

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Baru beberapa hari diputuskan bakal dibangun proyek rel layang di simpang Joglo Solo, rumah warga sudah didata.

Dari pengamatan TribunSolo.com, pendataan yang dilakukan Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) dan Pemkot Solo itu, selanjutnya dilakukan penandaan dan pengukuran.

Yakni rumah-rumah di pinggir rel KAI, sudah diberi tanda dengan cat atau pilok berupa angka dan kombinasi huruf, misalnya 16B dan 19B.

Di antaranya terlihat di RT 01 RW 08, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari.

Pemilik warung nasi Anik Sumiani yang akan terdampak penggusuran proyek rel layang simpang Joglo di Kelurahan Nusukan RT 01 RW 8, Kecamatan Banjasari, Kota Solo, Kamis (11/3/2021).
Pemilik warung nasi Anik Sumiani yang akan terdampak penggusuran proyek rel layang simpang Joglo di Kelurahan Nusukan RT 01 RW 8, Kecamatan Banjasari, Kota Solo, Kamis (11/3/2021). (TribunSolo.com/Azfar Muhammad)

Ketua RT 01 Kelurahan Nusukan, Andi Sunanto mengungkapkan, pendataan dan pengukuran dilakukan oleh petugas PJKA pada Selasa (8/3/2021) kemarin.

“Baru 3 hari yang lalu petugas dari PJKA datang ke sini untuk meninjau lokasi yang akan dihancurkan untuk rel layang,” ujar dia kepada TribunSolo.com, Kamis (11/3/2021).

“Sebelumnya malah ada Wali Kota (Gibran) survei ke sini, tapi kita di sini nasibnya juga masih menunggu audiensi lanjutkan dari pihak pemerintah,” akunya menekankan.

Dari informasi yang dia dapatkan, ada 466 rumah atau bangunan di sejumlah kelurahan yang bakal tergusur untuk proyel prestisius pemerintah tersebut.

Baca juga: Bakal Digusur Proyek Rel Layang Joglo Ala Wali Kota Solo Gibran, Begini Rintihan Emak Penjual Nasi

Baca juga: Sebanyak 446 Hunian Terdampak Pembangunan Rel Layang Joglo, Mayoritas Tanah Milik PT KAI

Namun saat ditanyai wilayah secara keseluruhan, Andi tidak sepenuhnya tahu apakah di RT lain sudah ditandai atau belum.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved