Breaking News:

Ramadhan 2021

Hendak Ziarah ke Makam Sebelum Bulan Puasa? Ini Bacaan-bacaan Doa dan Artinya

Berziarah ke makam dalam jelang bulan suci Ramadhan diperbolehkan namun tidak boleh minta sesuatu kepada orang yang sudah wafat.

TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Pelanggar protokol kesehatan mendapat sanksi sosial berupa dibawa berziarah ke TPU Jombang, Ciputat, Tangsel, Senin (18/1/2021). TPU Jombang dipilih sebagai pemakaman khusus korban Covid-19. 

TRIBUNSOLO.COM, - Masyarakat Indonesia punya kebiasaan berziarah ke makam anggota keluarganya jelang bulan suci Ramadhan. 

Hal itu dibolehkan selama tujuannya untuk mengingat kematian serta mengambil pelajaran. 

Baca juga: Apakah Boleh Salat Tarawih Berjamaah di Masjid saat Ramadhan 2021? Ini Jawaban Satgas Covid-19

Baca juga: Ada Harapan Umat Muslim Bisa Tarawih Berjamaah di Masjid saat Ramadhan 2021, Ahli Sarankan Ini

Dalam ceramahnya Ustaz Abdul Somad mengatakan, Rasulullah SAW termasuk orang yang tak hanya mempraktikkan ziarah kubur tapi mengajarkan apa yang hendaknya dibaca saat seseorang berkunjung ke tempat pembaringan terakhir itu.

Berikut adalah bacaan doa ziarah kubur:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Latin:

Assalamu 'alaikum ahlad-diyaar minal mu'miniina wal muslimin. Yarhamulloohul mustaqdiminia minna wal musta'khiriin. Wa inna insya Allohu bikum la-laahiquun wa as alullooha lana walakumul 'affiyah

Artinya:

“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.” (HR. Ahmad 25855, Muslim 975, Ibnu Hibban 7110, dan yang lainnya).

Setelah itu membaca ayat Al Quran sebagai yang yang dijelaskan ustad Abdul Somad berikut :

Halaman
1234
Editor: Rahmat Jiwandono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved