Gandeng Gramedia Slamet Riyadi, SMPN 5 Surakarta Kini Punya Smart Library, Ini Fungsinya

Salah satu bentuk solusi dan inovasi yang dilakukan adalah dengan diadakannya Smart Library, yaitu perpustakaan Digital yang bisa diakses setiap saat.

Editor: Eka Fitriani
dokumentasi Gramedia Slamet Riyadi Solo
Toko Buku Gramedia melayani belanja buku online, dengan promo diskon 30 persen buku-buku terbitan Gramedia. 

TRIBUNSOLO.COM - Selama pandemi, banyak masyarakat kini melakukan kegiatan dengan kebiasaan baru atau new normal

Segala aktifitas bisa dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan atau meminimalisir kontak fisik maupun pertemuan dengan banyak orang.

Kegiatan belajar dan mengajar yang sebelumnya bisa dilaksanakan secara langsung, harus dihentikan dan beralih ke sistem pendidikan jarak jauh.

Baca juga: Gandeng Gramedia, SMA Negeri 1 Andong Boyolali Kini Punya Perpustakaan Digital : Bisa Akses via HP

Baca juga: Tingkatkan Akses Sumber Literasi, SMA Regina Pacis Surakarta bersama Gramedia Bikin Smart Library

Hal ini menjadi perhatian bagi sekolah karena adanya keterbatasan jarak untuk siswa mengakses sumber belajar termasuk literasi.

SMP Negeri 5 Surakarta sebagai salah satu pelaksana pertemuan tatap muka tetap memfasilitasi peserta didik untuk belajar dengan berbagai sumber.

Salah satu bentuk solusi dan inovasi yang dilakukan adalah dengan diadakannya Smart Library, yaitu perpustakaan Digital yang bisa diakses setiap saat kapanpun dibutuhkan.

Pengadaan Smart Library ini adalah bentuk kerjasama SMP Negeri 5 Surakarta dengan PT Gramedia Solo.

Kerjasama Smart Library antara SMP Negeri 5 Surakarta dengan Gramedia Solo, Rabu (2/06/2021)
Kerjasama Smart Library antara SMP Negeri 5 Surakarta dengan Gramedia Solo, Rabu (2/06/2021) (istimewa)

Komitmen untuk terus menjadi inovasi juga menjadi semangat Gramedia Solo untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat khususnya di Kota Solo.

Pada 31 Mei 2021, SMP Negeri 5 Surakarta bekerjasama dengan Gramedia Slamet Riyadi Solo meluncurkan program perpustakaan digital yaitu “Smart Library”.

Kegiatan peluncuran “Smart library” merupakan salah satu langkah nyata untuk mewujudkan perpustakaan dalam genggaman.

Perpustakaan digital ini diharapkan mampu membantu siswa dan guru dalam mengakses bahan bacaan yang berkualitas tanpa terbatas ruang dan waktu.

Keterbatasan pada masa pandemi tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk mengesampingkan mutu pendidikan.

SMP Negeri 5 Surakarta menjadi salah satu pelopor pemanfaatan Smart Library guna mendukung pembelajaran dan kegiatan literasi.

Perpustakaan digital ini diharapkan mampu membantu siswa dan guru dalam mengakses bahan bacaan yang berkualitas tanpa terbatas ruang dan waktu.

Keterbatasan pada masa pandemi tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk mengesampingkan mutu pendidikan.

Kehadiran Smart Library ini kedepannya diharapkan mampu menjaga mutu tersebut. Smart Library adalah inovasi untuk menjawab tantangan di masa pandemi dengan teknologi dan kualitas yang mumpuni.

Sebagai salah satu sekolah yang menyadari hal tersebut, SMP Negeri 5 Surakarta menjadi contoh institusi pendidikan yang berkomitmen memberikan pendidikan terbaik untuk masyarakat Solo.

Diharapkan semakin banyak institusi pendidikan yang menyadari hal ini dan turut serta dalam memanfaatkan Smart Library di masa pandemi ini.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved