Breaking News:

Virus Corona

PPKM Diperpanjang, Ini Syarat Terbaru Perjalanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal Mulai 26 Juli 2021

Pelanggan yang tidak memenuhi  persyaratan, maka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100%.

Editor: Hanang Yuwono
TRIBUNSOLO.COM/Fristin Intan Sulistyowati
Potret Sepinya Stasiun Solo Balapan, Jumat (16/7/2021) 

TRIBUNSOLO.COM -- PPKM resmi diperpanjang pemerintah.

Kebijakan perpanjangan PPKM mulai hari ini, Senin (26/7/2021) itu diikuti sejumlah kebijakan, terutama pelayanan publik.

Kini, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Syarat Terbaru Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh, Kini Semakin Ketat karena Ada Batas Usianya

Baca juga: Catat, Cara Refund Tiket Kereta Api selama PPKM Darurat, PT KAI Jamin Uang Tiket Kembali Full

Sementara itu, khusus perjalanan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa, calon penumpang juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Ketetapan tersebut menyusul perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang telah ditentukan pemerintah.

Bagi penumpang KA Jarak Jauh yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan kereta dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau rapid test antigen yang masih berlaku.

Untuk pelanggan usia di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin.

Kemudian untuk pelanggan usia di bawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil RT-PCR atau rapid test antigen.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pelanggan yang tidak memenuhi  persyaratan, maka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100%.

Sementara perjalanan KA Lokal, hanya berlaku untuk perkantoran sektor esensial dan kritikal yang dibuktikan dengan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau Surat Keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat atau Surat Tugas dari pimpinan perusahaan.

Halaman
123
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved