Breaking News:

Berita Sragen Terbaru

Situs Gua Mangkubumi di Sragen Jadi Tempat Wisata, Tapi Terbentur Dana, Warga Berharap Ada Investor

Situs petilasan Pangeran Mangkubumi di Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen akan disulap menjadi destinasi wisata baru.

TribunSolo.com/Septiana
Gua yang dijadikan tempat persembunyian Pangeran Mangkubumi dari kejaran Belanda di Dukuh Gebangkota, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Rabu (22/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Septiana Ayu Lestari

TRIBUNSOLO.COM, SRAGEN - Situs petilasan Pangeran Mangkubumi di Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen akan disulap menjadi destinasi wisata baru.

Warga sekitar mulai membersihkan lokasi gua, bahkan sudah membuka jalan.

Bukan untuk tujuan lain, situs jejak Pangeran Mangkubumi itu disulap agar lestari dan menjadikan pundi-pundi untuk kemakmuran desa.

Perangkat Desa Gebang, Jumali mengatakan pihaknya menyayangkan jika situs sejarah penting itu tidak dimanfaatkan warga sekitar.

Baca juga: Aneh Tapi Nyata, Hanya Ambil Secuil Batu & Kayu dari Gua Mangkubumi di Sragen, Si Pembawa Bisa Sakit

Baca juga: Menyedihkan, Enam Sungai yang Mengelilingi Klaten Sudah Tercemar, Paling Parah Sudah Tercampur Kimia

"Sayang saja, situs penting itu terbengkalai begitu saja, sementara tempat wisata buatan saja bisa ramai," ungkapnya kepada TribunSolo.com, Rabu (22/9/2021).

Seperti halnya Pasar Bahulak di Kecamatan Tanon, yang menyajikan suasana pasar zaman dulu, yang mampu mengangkat perekonomian warga sekitar.

"Agar warga bisa mendapatkan pemasukan tambahan, dari adanya wisata ini, warga bisa berjualan dan segala macam," terangnya.

Namun, usaha untuk mengembangkan wisata di situs tersebut menurutnya terhalang oleh dana.

"Dari dana desa sekarang ya tidak ada, karena semua dialihkan untuk penanganan Covid, selain itu saat mengajukan, urusan administrasinya juga ribet," terangnya.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved