Breaking News:

Berita Wonogiri Terbaru

Guru Bahasa Inggris Keluhkan Minimnya Formasi pada Rekrutmen PPPK Wonogiri

Sejumlah guru Bahasa Inggris menyayangkan minimnya formasi dalam rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Wonogiri.

M Haris Syah/TribunSidrap.com
Ilustrasi rekrutmen PPPK atau P3K. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Sejumlah guru Bahasa Inggris menyayangkan minimnya formasi dalam rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Wonogiri.

Sebab dari 3.545 formasi yang tersedia, untuk formasi guru Bahasa Inggris hanya ada lima lowongan.

Salah satu guru itu adalah Basuki Okto Gunanto, dia mengatakan bahwa memang hanya ada lima formasi untuk guru mata pelajaran itu.

Baca juga: Permintaan Nadiem kepada Pemda: Fasilitasi Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK

Baca juga: Tips Menghadapi PPPK Guru 2021 dari Mereka yang Lolos, Cari Referensi Soal Berikut Ini

Menurutnya, lima formasi itu tak mencukupi untuk sekitar 90 guru Bahasa Inggris di tingkat SD maupun SMP.

Beberapa waktu lalu, para guru Bahasa Inggris itu juga sudah melakukan audiensi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

"Harapan kami di tahun 2022 ada rekrutmen PPPK lagi. Selain itu, ada tambahan alokasi formasi untuk guru Bahasa Inggris," ujarnya, Selasa (26/10/2021).

Basuki juga berharap guru Bahasa Inggris bisa mengisi formasi selain mapel tersebut. Misalnya bisa melamar di formasi guru TIK.

Baca juga: Pedagang dan Pengurus Panti di Klaten Lapor Polisi, Kasus Penipu Ngaku Bernama Denny Sumargo Diusut

Menurutnya, komputer yang digunakan untuk menunjang mapel TIK menggunakan Bahasa Inggris. Namun ia memahami bahwa kebijakan tersebut ada di ranah pusat.

Sementara itu, Koordinator Forum Guru dan Tenaga Kependidikan (FGTK) Wonogiri, Danu Eko Saputro, mengatakan bahwa jumlah formasi yang minim itu dirasa kontraproduktif dibanding jumlah lowongan dibuka.

Namun, kata dia, ada juga formasi lain yang jumlahnya minim, yakni guru TK dan guru PAI.

Baca juga: Jadwal Lengkap PPPK Guru Tahap 2 di Solo Raya, Beserta Tahapan Alur Tesnya

"Akhirnya bisa melakukan hearing dengan Pemkab di pekan lalu, lewat DPRD. Kita tidak mau demo, lebih baik melalui komunikasi yang baik," jelasnya.

Pada acara itu diusulkan untuk rekrutmen PPPK kedepan, ada tambahan formasi terkhusus untuk Bahasa Inggris, guru TK dan PAI.

"Akan diusulkan tahun depan masukan dari teman-teman ini, sudah diterima dan akan ditindaklanjuti seperti itu," imbuhnya.

Para guru juga berharap bila rekrutmen PPPK diadakan kembali di tahun depan, kebutuhan akan guru dikaji dan disesuaikan agar tidak muncul formasi yang kurang. (*) 

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved