Breaking News:

Berita Wonogiri Terbaru

Seorang Warga di Wonogiri Meninggal Akibat Leptospirosis, Penyakit yang Disebabkan Air Kencing Tikus

Seorang warga Wonogiri meninggal dunia setelah terkena leptospirosis atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira lewat air kencing tikus. 

kompas.com
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Seorang warga Wonogiri meninggal dunia karena leptospirosis atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira lewat air kencing tikus. 

Kasus meninggal tersebut sudah terjadi pada tahun 2021 lalu. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri mencatat setidaknya ada 11 kasus leptospirosis yang tersebar di beberapa kecamatan pada tahun 2021 lalu.

Kepala Dinkes Wonogiri, Setyarini, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Satyawati Prawirohardjo menuturkan dari 11 kasus itu, satu di antaranya meninggal dunia.

"Dari 11 kasus itu, satu kasus di antaranya meninggal dunia. Catatan kami, itu dari Kecamatan Manyaran pada awal Maret 2021," terang dia kepada TribunSolo.com, Selasa (11/1/2022).

Dari kasus yang tercatat itu, kata dia, tak semuanya terjadi di Wonogiri, ada juga kasus impor atau kasus yang dialami oleh perantau.

Dia mencontohkan, pihaknya pernah mencatat ada warga Pracimantoro yang bekerja di Solo dan diduga terkena leptospirosis di tanah perantauan.

Menurutnya, saat kondisi memburuk, perantau itu pulang ke Wonogiri dan memeriksakan ke fasilitas kesehatan sehingga diketahui yang bersangkutan terkena leptospirosis.

Baca juga: Chikungunya Merajalela di Teras Boyolali, Belasan Orang Mengalami Kesakitan, Rasanya Nyeri Sendi

Baca juga: Ada Apa di Balik Gibran Dilaporkan KPK? Manuver Jatuhkan Nama Gibran Sebelum Perang Pilgub DKI

"Kalau ada kasus impor, kami juga koordinasikan hal tersebut dengan Dinkes daerah warga yang terkena leptospirosis," kata dia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved