Berita Sukoharjo Terbaru

Cara Ikut Seleksi Masuk UIN RM Said Surakarta via SPAN-UM PTKIN 2022, Isi Data Sekolah & Siswa Dulu

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN - UM PTKIN) Tahun 2022 dimulai.

TribunSolo.com
Kampus IAIN Surakarta yang kini menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta di Jalan Pandawa, Dusun IV, Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN - UM PTKIN) Tahun 2022 dimulai.

Bagi siswa MA/SMA/SMK yang mengincar perguruan tinggi impiannya tanpa tes, harus siap-siap dengan nilai rapor mereka.

Kini, IAIN Surakarta atau yang saat ini bernama Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta bersiap menerima mahasiswa baru.

Bagi sekolah tingkat atas yang ingin siswanya kuliah di UIN Raden Mas Said Surakarta, harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Ketua Panitia SPAN UM PTKIN, Imam Taufiq, menuturkan tahapan PDSS tersebut sudah dibuka.

Tahapan itu sendiri berlangsung selama tanggal 7-28 Februari nanti.

“Pengisian PDSS menjadi syarat pendaftaran SPAN UM PTKIN,” kata dia dalam rilis yang diterima TribunSolo.com, Selasa (8/2/2022).

Menurutnya, siswa sekolah tingkat atas, seperti Madrasah, Sekolah Umum, Pesantren Mu'adalah yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang sudah didaftarkan pihak sekolahnya.

Sebelum pihak sekolah mengisi PDSS, kata dia, satuan pendidikan harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan kode registrasi sekolah.

Baca juga: Mudhofir Kembali Jabat Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta:  Segera Buka Program Studi Baru

Baca juga: Demi Kontribusi Lebih Untuk Negara, IAIN Surakarta Beralih Jadi UIN, Begini Perjalanannya

"Itu berlaku untuk satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK sederajat," aku dia.

Dia menegaskan, satuan pendidikan atau kepala sekolah juga harus memiliki nomor WhatsApp dan email yang aktif dan dapat dihubungi.

Sementara untuk, Pondok Pesantren Mu'adalah atau Pendidikan Formal Diniyah (PDF) atau Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) yang belum terdaftar di Dapodik, bisa melakukan permohonan NPSS terlebih dahulu ke panitia.

“Registrasi sekolah pada laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Setelah registrasi berhasil, akan mendapat kiriman password melalui email yang didaftarkan,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved