Berita Solo Terbaru

Kekhawatiran Guru SMK N 8 Solo di PPDB SMA/SMK 2022 : Calon Siswa Hanya Asal Pilih Sekolah 

Kuota calon peserta didik SMK N 8 Surakarta saat ini sudah terpenuhi oleh pendaftar saat hari terakhir akhir PPDB SMA/SMK, Jumat (6/7/2022).

Penulis: Eka Fitriani | Editor: Adi Surya Samodra
TribunSolo.com / Eka Fitriani
Suasana PPDB SMA/SMK di SMKN 8 Surakarta, Jumat (1/7/2022) 

Laporan wartawan Tribunsolo.com, Eka Fitriani 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO – Kuota calon peserta didik SMK N 8 Surakarta saat ini sudah terpenuhi oleh pendaftar saat hari terakhir akhir PPDB SMA/SMK, Jumat (6/7/2022).

Untuk diketahui, kuota yang ditetapkan SMK N 8 Surakarta yakni 529 calon peserta didik.

Meski demikian, kebanyakan calon peserta didik yang mendaftar biasanya karena tereliminasi oleh sistem dari SMA atau SMK lain.

Itu memunculkan kekhawatiran bagi pengurus SMK N 8 Surakarta.

Kekhawatiran tersebut tak lepas karena SMKN 8 Surakarta yang dikenal sebagai sekolah kejuruan yang memiliki jenis prodi diantaranya seni karawitan, seni pedalangan, seni tari, seni musik, penataan karawitan, penataan tari, multimedia, broadcasting (produksi dan siaran program televisi).

Baca juga: PPDB SMA/SMK Usai, Pendaftaran Sekolah Swasta di Solo Berpotensi Diserbu

Baca juga: Potret Hari Terakhir PPDB SMA/SMK di Solo : 200 Siswa Gigit Jari Tak Masuk ke SMK N 6 

“Contohnya ada siswa yang masuk, dia dieliminasi dari SMA Negeri atau SMK Negeri lain, kita juga harus tanya, mau masuk seni pertunjukan sudah punya bekal apa,” kata Waka Bidang Kesiswaan SMKN 8 Surakarta, Tri Hermanto, Jumat (1/7/2022).

“Jika mereka punya bekal minimal berprestasi di bidang seni, pastinya tidak kesulitan nantinya karena sudah punya gambaran,” tambahnya.

Bagi siswa yang hanya mengincar sekolah negeri, Tri membeberkan calon peserta didik akan kesulitan mengikuti pembelajaran di sekolah.

Sehingga saat mendaftar, pihak sekolah akan melakukan wawancara terlebih dahulu terkait keinginan siswa.

“Programnya di sekolah SMKN 8 itu kami jabarkan, seperti akan ada Latihan kesenian baik itu tari, pedalangan dan  macam-macam,” katanya.

“Kalau siswa terpaksa masuk kan susah juga, nanti tidak passion yang bisa berujung keluar sekolah di tengah atau bahkan tidak naik kelas,” ujarnya.

Namun bagi yang sudah siap dengan pembelajaran di SMKN 8 Surakarta, Tri mengatakan tak perlu khawatir karena akan sesuai dengan keinginan siswa.

SMKN 8 Surakarta yang terletak di Jalan Sangihe, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta ini akan mulai daftar ulang tanggal 5 sampai 7 Juli 2022.

(*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved