Tips Kesehatan

Batasan Aman Konsumsi Daging dalam Sehari yang Disarankan, Kurangi Makan Lemak dan Gajih

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi daging kambing dan sapi secara berlebih akan berefek langsung pada tubuh seperti pusing dan mual.

TribunSolo.com/Septiana Ayu
Daging sapi yang dijual Suprihatin di Pasar Bunder Sragen, Rabu (2/3/2022). 

TRIBUNSOLO.COM - Hari Raya Idul Adha menjadi salah satu momen tersajinya beragam menu makanan dari daging sapi dan kambing, dikarenakan umat muslim melakukan penyembelihan hewan kurban.

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi daging kambing dan sapi secara berlebih akan berefek langsung pada tubuh seperti pusing dan mual.

Baca juga: Sering Tak Disadari, Ini 8 Tanda Kolesterol Tinggi di Tubuh, Cek Agar Terhindar dari Komplikasi

Selain itu, beberapa penyakit degeneratif dapat berkembang jika seseorang mengonsumsi daging secara berlebihan dalam jangka panjang, seperti hipertensi atau darah tinggi, kolesterol tinggi, dan asam urat.

Sementara itu, melansir laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dianjurkan tahun 2013, daging dapat dikonsumsi 2-3 kali dalam seminggu.

Adapun cara memasak daging harus diperhatikan dan sebaiknya daging dimasak secara matang sempurna.

Sementara itu, daging yang digoreng akan menambah kadar lemak dari minyak goreng, sedangkan daging dibakar akan meningkatkan risiko zat karsinogenik penyebab kanker.

Apabila memasak daging menggunakan santan, usahakan agar sekali masak langsung habis dan tidak menghangatkan atau dimasak kembali. Karena santan yang dipanaskan berulang tidak sehat.

Untuk itu, sebaiknya memasak daging dilakukan dengan cara direbus dan dikonsumsi bersama dengan sayur dan buah, agar kebutuhan nutrisi tetap seimbang.

Kandungan nutrisi daging kambing dan sapi

Diberiatakan Kompas.com, 18 Februari 2020, dalam Buku Ajar Ilmu Kesehatan: Memahami Gejala, Tanda dan Mitos (2019) yang ditulis Dr. dr. Umar Zein, DTM&H., Sp.PD., KPTI., FINASIM dan dr. Emir El Newi, Sp.M, berikut pemaparan nutrisi dari daging sapi dan kambing.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved