Cara Plank yang Benar

Cara Plank yang Benar Agar Punggung dan Perut Lebih Kuat, Bisa Jadi Pengganti Sit-Up

bila sit up tidak manjur, cobalah latihan papan atau plank position, di mana kita mengambil posisi dan menahannya, adalah standar emas latihan.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Parapuan.co
Ilustrasi cara plank yang benar untuk mengecilkan lingkar pinggang. 

TRIBUNSOLO.COM -- Simak cara plank yang benar untuk merampingkan lingkar pinggang dan mengatasi perut buncit.

Cara plank yang benar ini bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

Plank pada prinsipnya hanyalah gerakan yang diam atau statis.

Baca juga: Cara Plank yang Benar untuk Mengurangi Sakit Punggung dan Perut Buncit, Cek Lagi Gerakanmu

Plank bisa menjadi alternatif selain latihan sit-up, agar perut dan lingkar pinggang menjadi lebih ramping.

Nah bila sit up tidak manjur, cobalah latihan papan atau plank position, di mana kita mengambil posisi dan menahannya, adalah standar emas untuk melatih inti.

Mengapa terjadi pergeseran? Salah satu alasannya adalah bahwa sit-up memberi tekanan di punggung , gerakan ini mendorong tulang belakang yang melengkung ke lantai dan melatih fleksor pinggul kita otot-otot yang membentang dari paha ke vertebra lumbar di punggung bawah.

Ketika fleksor pinggul terlalu kuat atau terlalu kencang, mereka menarik tulang belakang bagian bawah, yang dapat membuat punggung bagian bawah tidak nyaman.

Sebaliknya, posisi papan atau plank memberi  keseimbangan otot yang lebih baik di bagian depan, samping, dan belakang tubuh selama latihan daripada melakukan sit-up, yang hanya menargetkan beberapa otot.
 
 Melakukan plank selama 30 detik atau satu menit dapat meningkatkan kebugaran secara menyeluruh dan mengencangkan otot inti.

Pada kenyatannya, aktivitas kehidupan sehari-hari, serta aktivitas olahraga dan rekreasi, meminta otot-otot  kita  untuk bekerja bersama, bukan sendirian.

Sit-up atau push-up hanya memperkuat beberapa kelompok otot. Melalui pola gerakan yang dinamis, latihan inti yang baik seperti latihan papan (plank position)  membantu memperkuat seluruh rangkaian otot inti yang kita gunakan setiap hari.  (*)

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved