Pilpres 2024

Yunarto Wijaya Sebut Prabowo Subianto Bisa Menangi Pilpres, Asal Saingannya Bukan Ganjar dan Anies

Dari hasil survei sejumlah lembaga, elektabilitas Prabowo Subianto bersaing dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Tribunnews
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan bersalaman saat acara Gerindra. 

TRIBUNSOLO.COM -- Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menjelaskan jika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menang di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, apabila tak bersaing dengan Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan.

Dari hasil survei sejumlah lembaga, elektabilitas Prabowo Subianto bersaing dengan Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Ketika beliau (Prabowo) tidak akan menghadapi Anies atau Ganjar, peluangnya bisa dikatakan hampir pasti menang," kata Yunarto kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Malam Ini, Kapolri Listyo Sigit Prabowo Akan Umumkan Tersangka Baru Terkait Kematian Brigadir J

Tetapi Yunarto mengatakan, sulit untuk memastikan Ganjar dan Anies tak maju di pilpres mengingat keduanya punya modal elektabilitas besar.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ngobrol dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesaat setelah tiba dari Jakarta di Bandara Adi Soemarmo Solo, Sabtu (6/8/2022). Di mana Jokowi akan menutup APG 2022.
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ngobrol dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesaat setelah tiba dari Jakarta di Bandara Adi Soemarmo Solo, Sabtu (6/8/2022). Di mana Jokowi akan menutup APG 2022. (TribunSolo.com/Dok Lukas - Biro Pers Setpres)

Sebab bisa dipastikan, banyak partai politik melirik keduanya.

Yunarto pun beranggapana dengan sepak terjang Prabowo yang demikian, Menteri Pertahanan itu punya sejumlah kelebihan sekaligus kelemahan jika hendak maju lagi di pilpres.

Salah satu kelebihannya, Prabowo punya pengalaman panjang dalam membangun komunikasi dan hubungan emosional dengan para pendukungnya lewat dua kali pemilu di 2014 dan 2019.

Baca juga: Prabowo dan Muhaimin Tunjukkan Kemesraan Gerindra-PKB, Sebut TTM Alias Tunggu Tanggal Mainnya

Hal ini tidak dimiliki oleh Ganjar dan Anies.

Politisi Gerindra itu merupakan pimpinan partai politik besar di tanah air. Partai yang dipimpin Prabowo hampir pasti solid mendukung pencalonannya.

Tidak hanya itu, latar belakang sebagai orang yang pernah lama berkarier di militer juga dinilai sebagai keuntungan bagi Prabowo.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved