Breaking News:

Berita Solo Terbaru

Menilik Gedung SMPN 10 Surakarta: Cagar Budaya Terlupakan,Dulu Sekolah Putri Bangsawan Mangkunegaran

Siapa sangka SMPN 10 Surakarta dahulunya merupakan tempat putri bangsawan Mangkunegaran menimba ilmu. Dahulu sekolah itu bernama Van Deventer School

Tribunsolo.com/Eka Fitriani
Gedung SMPN 10 Surakarta yang merupakan bangunan cagar budaya di Kota Solo. Dahulu SMPN 10 Surakarta merupakan tempat putri bangsawan Mangkunegaran menimba ilmu yang bernama Van Deventer School. 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Eka Fitriani 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO – Kota Solo memiliki banyak bangunan cagar budaya. Saking banyaknya, beberapa seolah terlupakan meski sejarah penting terjadi di lokasi tersebut.

Salah satunya Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 10 Surakarta.

Meski saat ini memiliki gedung kelas dan aula yang terbilang modern, nyatanya sekolah itu merupakan bangunan cagar budaya yang dilindungi.

Dahulu SMPN 10 Surakarta yang berlokasi di jalan Jl. Kartini No.12, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta ternyata merupakan sekolah putri bangsawan Mangkunegaran.

Baca juga: Selama Jembatan Jurug Solo Direhab Mulai 18 September 2022, Kendaraan Jenis Ini Tak Boleh Lewat

Baca juga: Kecelakaan Karambol di Jalan Solo-Semarang : Libatkan 5 Kendaraan, Mulai Wuling hingga Truk

Hal ini tidak lepas karena SMPN 10 Surakarta yang dahulu bangunannya menyambung dengan SMPN 5 Surakarta dan SMPN 3 Surakarta, milik Keraton Mangkunegaran.

“Sekolah putri mangkunegaran itu dulu bernama Van Deventer School,” kata Kepala Bidang Pembina Sejarah & Pelestarian Cagar Budaya Kota Solo, Sukarno, kepada TribunSolo.com, Selasa (13/9/2022).

“Dulunya tempat tersebut bangunannya dibangun pada 1917, sedangkan sekolah Van Deventer School diresmikan pada 1 Juli 1927,” katanya.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Gusti Kanjeng Ratu Timur Mangkunegara VII.

Usai diresmikan, bersama dengan Hollandsch Inlandsche School (HIS) yang merupakan Sekolah Bumiputra untuk bangsawan, HIS kemudian menjadi SMPN 5 Surakarta.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved