Berita Karanganyar Terbaru

Ribuan Keluarga Penerima Bansos di Karanganyar Didorong Graduasi Mandiri Agar Mentas Dari Kemiskinan

Mereka yang didorong graduasi mandiri akan diikutsertakan program kewirausahaan sosial sehingga mampu lepas dari jerat kemiskinan

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi kemiskinan 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Ribuan keluarga penerima bantuan bagi warga miskin di Karanganyar didorong untuk graduasi mandiri atau mengakhiri kepesertaannya dari bansos.

Hal itu dilakukan karena kondisi sosial ekonomi mereka sudah meningkat dan dikategorikan mampu, sehingga sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan sosial.

Nantinya, Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar mendorong mereka yang mentas dari kemiskinan dan memulai usaha mandiri untuk ikut program kewirausahaan sosial (Prokus).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Sugeng Raharto mengatakan pada tahun 2021, ada 2.500 keluarga penerima bansos program keluarga harapan (PKH) dari pemerintah yang mengalami graduasi mandiri.

Baca juga: Pilkades Serentak 2022 di Karanganyar, Sejumlah Istri Daftarkan Diri Melawan Sang Suami

Baca juga: Anda Sopir, Ojol hingga Ojek Pangkalan di Karanganyar? Sebentar Lagi Terima BLT BBM dari Pemkab

Dari ribuan keluarga tersebut, sebanyak 500 keluarga didampingi Prokus yang dikerjasamakan Inkubator Bisnis UNS dengan Kementrian Sosial.

"Prokus berlangsung selama beberaa bulan didampingi Inkubator Bisnis UNS, mereka yang mentas dari kemiskinan membuat usaha skala rumah tangga, didampingi supaya lebih mapan," ucap Sugeng kepada TribunSolo.com, Selasa (20/9/2022).

Sugeng menjelaskan, Prokus pada 2021 tersebut diharapkan berlanjut pada tahun ini.

Sebab masih banyak keluarga yang mentas miskin membutuhkan pendampingan berwirausaha.

"Untuk jumlah graduasi mandiri pada tahun ini belum kami rekap, diperkirakan ribuan keluarga, sementara peserta PKH 56.222 keluarga," kata Sugeng.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved