Info Pendidikan

Ajak Siswa Gemar Membaca Sejak Dini, SD Al Firdaus Buat Program Reading is Fun! 

Banyak cara yang digunakan untuk membuat siswa jatuh cinta dengan membaca. Seperti yang dilakukan SD Al Firdaus, ada program Reading is Fun.

Istimewa
SD Al Firdaus mencetuskan kegiatan Reading is Fun dalam pembelajaran. 

TRIBUNSOLO.COM - SD Al Firdaus tidak asal-asalan dalam mendidik siswanya. 

Mereka berusaha memberikan lingkungan terbaik untuk minat dan bakat siswa. 

Salah satunya dengan menumbuhkan minat membaca dan mengajak siswa mencintai budaya membaca. 

Untuk meningkatkan minat membaca siswa, SD Al Firdaus mencetuskan kegiatan Reading is Fun dalam pembelajaran.

Kegiatan “Reading is Fun!” adalah salah satu program di SD Al Firdaus dalam upayanya mengembangkan budaya membaca untuk siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sejak dini.

Baca juga: Parent Orientation ke-2 MYP Al Firdaus Digelar Bersama Wali Murid Grade 7-12 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, menuturkan bahwa kemampuan literasi disini bukan hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep dibalik tulisan tersebut.

Program “Reading is Fun!” ini merupakan salah satu proyek yang menjadi bagian dari materi pelajaran di subjek Literation and Numeration.

Program ini mengharuskan siswa untuk membaca 2 buku cerita dalam satu semester. Siswa diminta untuk menganalisis elemen cerita dan mempresentasikan buku cerita tersebut di akhir pembelajaran.

Ustadzah Erma, selaku Guru Literasi, mengatakan bahwa melalui kegiatan ini siswa diharapkan mampu mengidentifikasi berbagai fakta dan pengetahuan dari cerita yang dibaca, mampu mengkritisi permasalahan yang dihadapi di dalam cerita dan mencari solusinya, mampu menjelaskan cerita yang dibaca dengan penuh percaya diri, serta siswa mampu merefleksikan pesan moral atau nilai-nilai keislaman yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain kegiatan Reading is Fun, SD Al Firdaus juga membuat program lain seperti passion project, SLC (Student Lead Conference), Science Fair, dan Exhibition.

Kegiatan ini dibuat dengan tujuan untuk mengasah keterampilan berbicara, bersosialisasi, berpikir dan kemampuan penelitian siswa yang nantinya akan sangat diperlukan untuk masa depan siswa. (Anki Endiar Manika)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved