Berita Solo Terbaru

Kreatif, Siswa SD Kristen Widya Wacana Sulap Limbah Minyak Goreng Jadi Sabun dan Lilin

Siswa SD Kristen Widya Wacana membuat banyak produk unik dari bahan limbah. Salah satunya dari limbah minyak goreng dibuat sabun dan lilin.

Penulis: Eka Fitriani | Editor: Ryantono Puji Santoso
TribunSolo.com/Eka Fitriani
SD Kristen Widya Wacana mengolah limbah minyak goreng menjadi sabun dan lilin. 

Laporan wartawan Tribunsolo.com, Eka Fitriani  

TRIBUNSOLO.COM, SOLO – SD Kristen Widya Wacana merupakan peraih penghargaan Adiwiyata provinsi tahun 2019 yang hingga kini konsisten terhadap kepedulian lingkungan.

Salah satunya yakni mengeluarkan produk unik dari bahan baku minyak jelantah yakni sabun dan lilin minyak jelantah (mijel).

“Karena komitmen kami pada Adiwiyata, akhirnya kami coba manfaatkan sampah-sampah di lingkungan sekolah,” kata kepala sekolah SD Kristen Widya Wacana, Six Hastuti Ariasati, Kamis (22/9/2022) siang.

“Jadi kami akhirnya mengelola sampah salah satunya mengelola minyak jelantah dari 4 shelter kantin kami kumpulkan untuk kemudian membuat sabun dan juga lilin,” ujarnya.

Saat itu, Six Hastuti berfikir bahwa limbah minyak jelantah bisa sangat membahayakan lingkungan apalagi jika dibuang sembarangan setiap harinya.

Mulai menyebabkan penyumbatan pada saluran air atau drainase, minyak juga bisa mengalir ke sungai dan berakhir di laut, menyebabkan pencemaran air yang lebih serius.

Baca juga: Cara SMAN 4 Solo Cegah Perundungan ke Sesama Siswa, Latih Toleransi Sejak Dini di Lingkungan Sekolah

Selain itu, minyak jelantah yang dibuang ke parit atau tanah akan menggumpalkan dan menutup pori-pori tanah.

“Kalau sudah begini, tanah bisa jadi keras dan tidak bisa lagi mendukung aktivitas manusia,” katanya.

Produk dengan Brand Ekonomi Kreatif Ubah Sampah Jadi Apik (Ekrusia) ini memiliki banyak kerajinan, salah satunya dari korban bekas hingga kain perca.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved