PT KAI Terapkan Aturan Baru: Penumpang Hanya Boleh Bawa Sepeda Lipat dalam Kereta Api

Jenis sepeda yang diperbolehkan naik adalah hanya sepeda lipat dengan ketentuan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci.

PT KAI Terapkan Aturan Baru: Penumpang Hanya Boleh Bawa Sepeda Lipat dalam Kereta Api
KOMPAS/ INDIRA PERMANASARI
llustrasi naik MRT bawa sepeda lipat. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Mengedepankan kenyamanan bagi para penumpang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) baru saja menerapkan aturan baru terkait jenis sepeda yang boleh dibawa masuk ke dalam kereta api.

Aturan baru tersebut diterapkan sejak 30 Juli 2019 dan hanya mengizinkan satu kategori sepeda lipat di dalam kereta api.

Pernyataan tersebut disampaikan VP Public Relations PT KAI Edy Kuswoyo, dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/8/2019).

"Jenis sepeda yang diperbolehkan naik adalah hanya sepeda lipat dengan ketentuan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci," ujar Edy, dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com.

Beredar Nama-nama Menteri Jokowi-Maruf Amin di WA, Ada Fadli Zon dan Mahfud MD, Triawan Munaf: Hoaks

Sepeda lipat yang dibawa tersebut harus disimpan dalam kereta penumpang, karena mereka tidak diizinkan menyimpan dalam kereta makan atau sambungan antar kereta.

Untuk proses teknis terkait penyimpanannya, Edy menjelaskan bahwa sepeda lipat itu harus sudah dalam keadaan 'siap simpan', itu berarti para penumpang harus sudah melipat sepedanya ketika berada dalam kereta api.

"Sepeda lipat harus dalam keadaan terlipat dan dimasukkan ke dalam bagasi atau ruang kosong di sekitar kursi masing-masing penumpang," jelas Edy.

Namun tentunya ada yang perlu diperhatikan pada proses penyimpanannya.

Huawei Luncurkan OS Harmony, Ancaman bagi Android?

Hal itu agar penyimpanan sepeda lipat itu tidak berpotensi menimbulkan kerusakan pada kereta dan tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Tidak hanya itu, aturan yang sama juga diberlakukan PT KAI untuk KRL Commuterline, KA Bandara dan LRT Sumatra Selatan.

Halaman
12
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved