Mereka yang Tak Lelah Gelorakan 'Virus' Berkoperasi pada Milenial di Era Transformasi Ekonomi

Ada cerita dari beberapa sosok yang tidak lelah memperjuangan koperasi di era transformasi teknologi digital dan pertarungan informasi.

Mereka yang Tak Lelah Gelorakan 'Virus' Berkoperasi pada Milenial di Era Transformasi Ekonomi
Istimewa
Salah satu usaha dari Kopma yang dikelola profesional di dalam kampus UNS Solo. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM - Ada cerita dari beberapa sosok yang tidak lelah memperjuangan koperasi di era transformasi ekonomi digital dan pertarungan informasi yang masif di dunia maya.

Terlebih persaingan yang ketat serta anggapan generasi muda kurang tertarik koperasi, menjadi tantangan bagi mereka yang selama ini berkecimpung dalam dunia ekonomi kerakyatan itu.

Adalah Pratiwi Dian Mawarni, perempuan yang bertahun-tahun ini bersama sejumlah anak muda lainnya menggarap program Koperasi Milenial Sukoharjo.

Dia mendapat misi khusus dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) untuk 'memasarkan' koperasi ke generasi milenial.

Mengingat saat ini Indonesia sudah masuk revolusi industri 4.0 di mana peralatan hingga sistem identik dengan kecanggihan teknologi, sehingga berbagai cara harus diinovasi dengan baik.

Belum lagi berdasarkan penerjemahan visi Presiden melalui Kementerian Koperasi dan UKM, koperasi dewasa ini harus mampu tanggap terhadap proses perkembangan zaman yang serba digital hingga modernisasi.

"Makanya kamudian kami buat program Koperasi Milenial Sukoharjo, jadi mendampingi banyak koperasi di Kota Makmur," tutur dia mengawali cerita kepada TribunSolo.com, Jumat (1/11/2019).

Kementerian Koperasi Siapkan Aplikasi Cegah Koperasi Tidak Sehat

Berdayakan Warga dan Tekan Jeratan Rentenir, Rumah Zakat Luncurkan Koperasi di Gilingan Solo

"Kami songsong 4.0 dan terjemahkan visi Presiden," akunya Koordinator Koperasi Milenial Sukoharjo menegaskan.

Ya, atas arahan Kepala Disdagkop UKM Sukoharjo Sutarmo, lahirlah sebuah wadah Koperasi Milenial Sukoharjo yang memilki 'tugas suci' memperpanjang nafas koperasi melalui segmentasi generasi muda agar tetap berkembang.

Halaman
1234
Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved