Berita Karanganyar Terbaru

5 Warga Karanganyar Meninggal Dunia karena Leptospirosis, Begini Gejala Awalnya

Lima warga Kabupaten Karanganyar meninggal dunia akibat penyakit Leptospirosis atau kencing tikus.

5 Warga Karanganyar Meninggal Dunia karena Leptospirosis, Begini Gejala Awalnya
www.doityourself.com
Ilustrasi - Tikus 

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Lima warga Kabupaten Karanganyar meninggal dunia akibat penyakit Leptospirosis atau kencing tikus.

Berdasarkan data yang dihimpun Tribunjateng.com  seperti dikutip TribunSolo.com, dari awal Januari 2020 hingga saat ini terdapat sejumlah 7 kasus Kencing Tikus yang tersebar di Kecamatan Colomadu, Jaten, Tasikmadu, Gondangrejo dan Kebakkramat.

Begini Tips Mencegah Penyakit Leptospirosis karena Bakteri Leptospira yang Ditularkan oleh Tikus

"Total ada tujuh kasus, lima orang meninggal dunia."

"Mereka tersebar di Desa Kaling Kecamatan Tasikmadu, Desa Gawanan Kecamatan Colomadu, Desa Wonorejo dan Tuban Kecamatan Gondangrejo dan yang terakhir di Desa Alas Tuo Kecamatan Kebakkramat," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DKK Karanganyar, Katarina Iswati saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (5/2/2020).

Sambungnya, dua warga asal Jaten dan Klodran Colomadu saat ini sudah pulih setelah mendapatkan perawatan medis.

Dikatakannya, guna pencegahan pihaknya sudah melakukan epidemiologi di lokasi penyebaran kencing tikus dan melakukan sosialisasi serta ceramah klinik kepada warga setempat.

Bakteri Leptospira Serang Organ Vital yang Dimaunya hingga Sebabkan Kematian, Ini Penjelasan Dokter

Para warga diimbau untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) setelah melakukan aktivtas.

"Kebersihan rumah tetap dijaga. Barang tidak terpakai ditimbun, kalau bisa dijual ya dijual dan makanan (di rumah) usahakan ditutup."

"Selain itu setelah memegang barang yang (dikhawatirkan) terkena kencing tikus supaya segera dibersihkan. Kadang setelah pegang barang langsung pegang mulut, bagian mata atau hidung," terangnya.

RS UNS Rawat Pasien Leptospirosis, 4 Pasien Sukoharjo Selamat, 1 Pasien dari Karanganyar Meninggal

Apabila ada gejala seperti panas tinggi, diare, kulit dan mata tampak kuning segera memeriksakan diri ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fanyankes), baik itu dokter pribadi, puskesmas setempat atau rumah sakit. (Tribunjateng.com/Agus Iswadi)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul "Warga Karanganyar Meninggal Dunia Karena Leptospirosis Total Menjadi 5 Orang, Ini Gejalanya"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved