Info Kesehatan

Cara Mengobati Batuk dengan Bahan Alami, Gunakan 9 Tanaman Herbal Berikut

Namun, apabila obat kimia di apotek habis atau ingin mencoba alternatif lain, para penderita sebenarnya bisa menggunakan tanaman herbal untuk mengobat

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi batuk. 

TRIBUNSOLO.COM - Batuk bisa menyerang siapa saja yang memiliki kondisi tubuh lemah.

Selain itu, ada beberapa penyebab batuk yang harus kalian ketahui seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, dan bahkan asam lambung.

Batuk juga dibedakan menjadi dua macam yakni batuk berdahak dan batuk kering.

Beberapa orang memerlukan obat batuk untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan menyembuhkan gejala penyakit tersebut.

Namun, apabila obat kimia di apotek habis atau ingin mencoba alternatif lain, para penderita sebenarnya bisa menggunakan tanaman herbal untuk mengobati batuk yang dialami.

Melansir berbagai sumber, berikuti ini adalah beberapa pilihan tanaman herbal yang bisa digunakan sebagao obat batuk alami:

Derita Gejala Corona, Pengantin Pria Meninggal Setelah 2 Hari Menikah dan 95 Tamu Positif Covid-19

Mengenal Penyakit Asma dan Gejala Awal yang Perlu Diwaspadai: Perubahan Pola Pernapasan hingga Batuk

Mengenal Penyakit Kanker Paru dan Tanda-tandanya yang Harus Diketahui: Batuk Berbulan-bulan

1. Jeruk nipis

Melansir Buku Tumbuhan Obat & Khasiratnya Seri 1 (2014) oleh Drs. H. Arief Hariana, beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk nipis, di antaranya asam sitrat sebanyak 7-7,6 persen, damar lemak, mineral, vitamin B1, sitral limonene, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, dan linelin asetat.

Selain itu, jeruk nipis juga bisa mengandung vitamin C sebanyak 27 mg/100 g jeruk, kalsium sebanyak 40 mg/100 g jeruk, dan fosfor sebantak 22 mg.

Oleh karena kandungannya, jeruk nipis dilaporkan memiliki efek farmakologis berupa anti-demam, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan mengurangi batuk.

Halaman
1234
Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved