Breaking News:

Seorang Gadis Lakukan Operasi Otak Sambil Main Piano dan Games, Dokter: Mengalihkan Pikiran Pasien

Video seorang gadis jalani operasi otak dengan tetap sadarkan diri sambil bermain games di seluler dan bermain keyboard selama enam jadi perhatian.

(Hindustan Times/Youtube)
Saumya (9 tahun) adalah gadis India yang melakukan operasi otak dengan tetap terjaga sambil bermain game di seluler dan piano selama enam jam selama pengangkatan tumor. 

TRIBUNSOLO.COM - Video seorang gadis jalani operasi otak dengan tetap sadarkan diri sambil bermain games di seluler dan bermain keyboard selama enam jadi perhatian.

Pasalnya, gadis 9 tahun tersebut sedang menjalani pengangkatan tumor.

Dalam video yang beredar menujukkan anak bernama Saumya itu sadar sepenuhnya selama menjalani operasi berisiko di Rumah Sakit Birla di kota Gwalior, India pada Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Lihat Video Anaknya Dihajar Massa, Orangtua Remaja Viral asal Palur Sampai Tak Kuat Makan 2 Hari

Baca juga: Lebih Baik Mana, Menyikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan? Simak Penjelasannya

Baca juga: Manfaat Es Batu bagi Kecantikan yang Sayang Dilewatkan: Mengecilkan Pori-pori dan Mengatasi Jerawat

Dalam klip tersebut, seperti yang dilansir dari Mirror pada Selasa (15/12/2020), anak itu dapat terlihat berbaring di atas meja operasi dengan kain biru besar menutupi kepalanya.

Ia menunjukkan keterampilan musiknya saat jarinya menggerakkan tuts.

Kamera kemudian mengarah ke dokter yang mengoperasi otaknya di belakang layar, dengan gambar close-up bagian dalam tengkorak Saumya.

Dr Abhishek Chauhan, ahli bedah saraf yang melakukan operasi bersama timnya, mengatakan pasien bermain piano setidaknya selama enam jam, dan juga bermain game seluler.

Metodenya dikenal sebagai kraniotomi terjaga, operasi otak.

Pasien tetap sadar selama prosedur karena lokasi tumor, yang mungkin berada di dekat bagian otak yang mengontrol penglihatan, gerakan, dan ucapan.

"Operasi ini sangat penting dan kami telah mendengar secara internasional bahwa kami dapat berhasil mengoperasikan pasien dengan penggunaan alat musik dengan mengalihkan pikiran pasien," kata Dr Abhishek Chauhan.

Halaman
12
Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved