Breaking News:

BAHAYA Cuci Beras Langsung di Rice Cooker, Tak Cuma Bikin Alat Rusak tapi Juga Sebabkan Penyakit

Sayangnya, mencuci beras langsung dari panci rice cooker nyatanya tidak pernah disarankan, karena menyebabkan beberapa permasalahan negatif.

(shutterstock)
ilustrasi mencuci beras 

TRIBUNSOLO.COM - Sudah tahu risiko mencuci beras langsung di rice cooker?

Umumnya, saat akan memasak nasi di rice cooker, tidak sedikit orang pasti akan mencuci berasnya menggunakan wadah atau panci rice cooker.

Mencuci beras langsung dari panci rice cooker dianggap sebagian orang menjadi cara yang lebih mudah dan praktis, sehingga proses memasak nasi bisa lebih cepat.

Baca juga: TSTJ Ditutup Sementara, Gaji Pegawai Buram, Pemkot Solo Hanya Mampu Belikan Beras

Baca juga: Heboh Kosmetik Ilegal Berbahan Tepung Beras, Peracik Hanya Warga Biasa Tanpa Keahlian Khusus

Sayangnya, mencuci beras langsung dari panci rice cooker nyatanya tidak pernah disarankan, karena menyebabkan beberapa permasalahan negatif.

ilustrasi mencuci beras(SHUTTERSTOCK)
ilustrasi mencuci beras(SHUTTERSTOCK)

Dirangkum dari beberapa sumber, Senin (1/2/2021), mencuci beras di panci rice cooker dapat menggores anti lengket yang biasanya ada pada bahan panci rice cooker.

Jika kamu pernah menginjak beras atau mencoba memegangnya, kamu tahu bahwa beras itu keras, tajam dan sakit, jadi bisa dibayangkan bahwa mencuci beras di dalam panci rice cooker sangat merusak.

Saat mencuci beras langsung dari panci rice cooker, butiran beras yang tajam serta kasar akan mampu mengikis dan menggores lapisannya hingga rusak.

Lama kelamaan, anti lengket panci rice cooker mengelupas dan tampilannya tidak akan bagus lagi. Hal ini juga bisa memengaruhi proses pemasakan nasi.

Selain itu, bahan anti lengket panci rice cooker yang mengelupas bisa sangat berbahaya ketika tercampur dengan nasi yang kamu makan.

Umumnya lapisan antilengket pada panci rice cooker terbuat dari PFOA atau asam perfluorooctanoic. Bahan ini juga digunakan pada proses pembuatan wajan teflon.

Halaman
12
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved