Breaking News:

Penanganan Covid

Ini Kriteria Pasien Diabetes yang Boleh Divaksin Covid-19, Bagaimana Bila Gula Darah 300-400 mg/d?

Bagaimana dengan mereka yang berada dalam kelompok penderita penyakit penyerta (komorbid) termasuk penyandang diabetes ?

Editor: Hanang Yuwono
(simpson33)
ilustrasi diabetes 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Pemerintah melakukan program vaksinasi virus corona (Covid-19) untuk semua lapisan masyarakat, termasuk pasien diabetes.

Saat ini pemerintah sedang memetakan sasaran vaksin Covid-19 dari kalangan tenaga kesehatan (nakes) hingga kelompok lanjut usia (lansia).

Lalu bagaimana dengan mereka yang berada dalam kelompok penderita penyakit penyerta (komorbid) termasuk penyandang diabetes ?

Baca juga: Rencana Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadhan, Jokowi: Non Muslim Siang Hari, Muslim Malam Hari

Baca juga: Bupati Sragen Klaim PPKM Mikro Efektif, Akupansi Ruang Isolasi Covid-19 di Rumah Sakit Menurun

Saat ini penyandang diabetes (diabetesi) yang terinfeksi virus ini mencapai angka 35 persen dari total jumlah pasien Covid-19 yang ada di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa diabetesi ini perlu divaksinasi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Metabolik Endokrin dari Rumah Sakit (RS) Cipto Mangunkusumo Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD pun menyebutkan tiga alasan yang menjadi landasan mengapa vaksinasi wajib diberikan kepada kelompok ini.

Ia menjelaskan bahwa penurunan sistem imun pada para diabetesi ini membuat mereka masuk dalam kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19.

"Pertama, pasien diabetes merupakan kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19, karena mengalami penurunan sistem imun," ujar Em Yunir, dalam Webinar bertajuk 'Vaksin Covid-19 dan Diabetesi' bersama aplikasi Teman Diabetes, Sabtu (20/2/2021) sore.

Petugas kesehatan bersiap sebelum menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. Tribunnews/Herudin
Petugas kesehatan bersiap sebelum menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Kemudian para diabetesi ini juga harus menghadapi risiko munculnya berbagai infeksi lainnya.

Ini tentunya dapat memperburuk kondisi penyakit mereka.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved