Breaking News:

Penanganan Covid

Kelanjutan Program Vaksinasi Selama Ramadhan: Bisa Dilakukan Siang dan Malam Hari

Dalam fatwa tersebut, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat muslim yang sedang berpuasa.

Editor: Hanang Yuwono
Ist via Tribun Jakarta
FOTO HANYA ILUSTRASI: Siti Rumende Harahap (99), orang tertua yang disuntik vaksin Covid-19. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Bagaimana kelanjutan program vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadhan?

Terkait hal itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengaku program vaksinasi bakal terus berlanjut.

Pemerintah masih terus fokus melanjutkan program vaksinasi virus corona (Covid-19) untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity), termasuk pada momen bulan Ramadan ini.

Baca juga: Catat! Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Sragen, Selama Ramadhan Hanya Setengah Jam Saja

Baca juga: Daftar Negara Dunia yang Mengalami Masalah Stok Vaksin Covid-19, Bukan Hanya di Indonesia

Hal ini didasarkan pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa.

Dalam fatwa tersebut, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat muslim yang sedang berpuasa.

Dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Selasa (13/4/2021), Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi akan tetap dilanjutkan selama bulan Ramadan.

"Berdasarkan rekomendasi tersebut, pelaksanaan vaksinasi akan tetap kita lanjutkan selama bulan Ramadan, termasuk untuk kalangan muslim maupun kalangan non muslim," kata Siti Nadia, Senin (12/4/2021).

Sedangkan untuk proses vaksinasi ini akan dilakukan pada siang hari maupun malam hari.

Pemilihan waktu ini tentunya turut menyesuaikan ibadah puasa yang dilakukan oleh umat muslim saat ini, sehingga diharapkan tidak mengganggu kekhusyukan ibadah mereka.

Perlu diketahui, khusus untuk pelaksanaan vaksinasi pada malam hari bagi umat muslim yang beribadah puasa di siang hari, tentunya Kemenkes mengimbau pengurus masjid hingga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) serta pengurus wilayah setempat untuk membantu penjadwalan kegiatan ini pada warganya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved