Breaking News:

Berita Wonogiri Terbaru

Bak Kejatuhan Durian Runtuh, Petani Wonogiri Dapat 496 Alsintan, di Antaranya Ada Sejumlah Traktor

Sejumlah petani di Kabupaten Wonogiri mendapatkan durian runtuh karena diberi traktor untuk mengolah sawahnya.

TribunSolo.com/Erlangga Bima
Sejumlah petani di Kabupaten Wonogiri mendapatkan durian runtuh karena diberi traktor untuk mengolah sawahnya, Jumat (17/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Sejumlah petani di Kabupaten Wonogiri mendapatkan durian runtuh karena diberi traktor untuk mengolah sawahnya.

Ketua kelompok tani (Poktan) Dadi Makmur di Desa Gambiranom, Kecamatan Kismantoro Ruwito mengaku bahagia bukan kepalang usai kelompoknya mendapat bantuan mesin pertanian (alsintan) berupa hand traktor.

Pasalnya ia tak menyangka bahwa kelompoknya bakal dilirik sebagai salah satu penerima bantuan tersebut.

"Alhamdulillah, jadi nanti bisa meringankan beban pembiayaan operasional bagi kelompok kami maupun kelompok tani yang lainnya," kata dia kepada TribunSolo.com, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Saat Ibunda Michelle Kuhnle Minta Maaf ke Kaesang, Siap Hentikan Proses Hukum yang Diajukan Anaknya

Baca juga: Terungkap, Kondisi Jiwa Oknum Dokter Semarang yang Campur Sperma ke Makanan, Sekilas Tampak Normal

Ia mengaku bantuan tersebut dipastikan akan sangat membantu petani dalam menekan biaya pengolahan lahan, yang sebelumnya cukup tinggi dan berdampak pada penghasilan mereka.

"Menghematnya bisa sampai 30 persen, biasanya awal penyiapan lahan hingga panen butuh Rp 3 juta, dengan adanya bantuan ini mungkin maksimal Rp 2 juta sudah cukup," aku dia.

Ia mengaku, sebelumnya di tahun 2016 lalu, kelompoknya juga pernah mendapat bantuan berupa bibit cabai, pupuk dan peralatan perlengkapan pertanian.

"Dulu pernah mendapat bantuan itu ada peningkatan, apalagi ini nanti ada bantuan hand traktor, kami berharap ya ada peningkatan, insyaallah pasti ini," jelas dia.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mewanti agar biaya sewa alsintan bantuan pemerintah itu lebih murah dari harga sewa pada umumnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved