Breaking News:

Kuliner Solo

Kuliner Enak Wonogiri, Nasi Bancakan di Wedangan Seger Raos: Harga Rp 5 Ribu 

Nasi Bancakan atau yang biasa disebut Sego Bancakan adalah salah satu kuliner tradisional yang sampai saat ini masih digandrungi masyarakat. 

TribunSolo.com/Erlangga Bima Sakti
Nasi Bancakan yang disajikan di Wedangan Seger Raos yang berada di Lingkungan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Nasi Bancakan atau yang biasa disebut Sego Bancakan adalah salah satu kuliner tradisional yang sampai saat ini masih digandrungi masyarakat. 

Dalam sepincuk atau seporsi menu tersebut, terdapat nasi putih dan beraneka ragam jenis lauk pauk. Mulai dari oseng-oseng, bihun, tempe dan tahu bacem, telur rebus, kacang tolo, cabuk wijen dan tak lupa urap atau gudangan. 

Dengan lauk yang melimpah ruah itu, dipastikan akan membuat orang yang menyantapnya menjadi kepincut, apalagi biasanya dibungkus menggunakan daun jati dan daun pisang yang menambah aroma kenikmatan.

Baca juga: Kuliner Enak Sukoharjo: Tengkleng Porsi Jumbo Mbak Puji di Nguter, Ada Sejak Tahun 1998

Baca juga: Kuliner Enak di Solo, Makan Durian di Duren Raya: Tak Ribet, Buah Sudah Dikupas

Biasanya Nasi Bancakan itu dapat ditemui dalam acara-acara khusus, seperti kenduri, acara syukuran, selametan bayi ataupun acara-acara khusus yang biasa dilakukan dalam adat Jawa.

Namun, belakangan ini, Nasi Bancakan dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung makan biasa. Sudah mulai menjamur tempat makan yang menyajikan menu tersebut sebagai andalan.

Wartawan TribunSolo.com mencoba menu tersebut di Wedangan Seger Raos, yang berada di wilayah Wonokarto, Kecamatan Wonogiri

Sebungkus Nasi Bancakan disana dibanderol seharga Rp 5.000 saja, sangat terjangkau untuk banyak kalangan.

Baca juga: Pasar Unik di Karanganyar: Di Pasar Mbatok Kemuning Ngargoyoso Rupiah Tak Bisa Buat Kuliner Jadul

Hanya dengan membayar sejumlah itu, pembeli dapat menikmati menu ndeso dengan jenis lauk yang banyak, sesuai yang sudah disebutkan di atas. 

Kenikmatan ditambah dengan aroma khas makanan yang dibungkus daun jati dan daun pisang, pertama kali membuka bungkusan, wanginya langsung menusuk hidung, harum. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved