Breaking News:

Berita Wonogiri Terbaru

Inilah Gejala Terinfeksi Leptospirosis Akibat Tikus, Jangan Anggap Remeh karena Penyakit Mematikan

Gejala penderita leptospirosis sendiri, yakni penderita mengalami demam tinggi, nyeri kepala, nyeri otot hingga pencernaan.

Tribunnews
Ilustrasi sakit. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Tidak mudah untuk mengenali apakah terinfeksi leptospirosis atau penyakit yang disebabkan air kencing tikus.

Kepala Dinkes Wonogiri, Setyarini, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Satyawati Prawirohardjo penyakit itu menyebabkan kematian.

Dia menyebut, bagaimana seseorang bisa terinfeksi leptospirosis, salah satunya adalah melalui luka terbuka yang terkena air kencing tikus.

"Jadi, seseorang bisa terpapar leptospirosis lewat dua cara, dari luka atau kulit yang terbuka dan juga lewat saluran cerna," beber dia kepada TribunSolo.com, Selasa (11/1/2022).

Untuk itu, masyarakat diminta waspada terlebih pada musim penghujan seperti ini. Sebab genangan air yang terkontaminasi air kencing tikus bisa menyebabkan penyakit itu.

Sementara untuk penyebaran melalui saluran cerna, bisa melalui makanan atau alat makan yang terkontaminasi dengan kencing tikus.

Gejala penderita leptospirosis sendiri, menurut dia di antaranya penderita mengalami demam tinggi, nyeri kepala, nyeri otot hingga pencernaan.

Ada satu ciri khas penderita leptospirosis, yakni sklera (bagian berwarna putih di mata) orang yang terinfeksi berwarna kekuningan.

Baca juga: Nekat Jual Miras Jenis Black Label yang Diduga Palsu & Ciu, Kakek di Kebakkramat Kini Meratapi Nasib

Baca juga: Waspada! Leptospirosis karena Tikus Masih Jadi Penyakit Mematikan di Wonogiri, Satu Orang Meninggal

"Ciri khas lainnya nyeri di bagian betis lebih terasa dibanding nyeri di bagian lain. Untuk mengetahui apa benar terkena leptospirosis atau tidak, lewat pemeriksaan laboratorium," tutur dia.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved