CPNS Solo Raya 2021

CPNS 2022 Ditiadakan? Berikut Info Terbaru & Link Cek NIK Online CPNS 2021, NI PPPK Guru & Non Guru

CPNS 2022 Ditiadakan? Berikut Info Terbaru & Link Cek NIK Online CPNS 2021, NI PPPK Guru & Non Guru

Penulis: Tribun Network | Editor: Eka Fitriani
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
ILUSTRASI - Sejumlah peserta mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Bandung 2021, di Gedung Youth Sport Center Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (27/9/2021). Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNSOLO.COM - Benarkah CPNS 2022 ditiadakan dan cuma ada PPPK? cek informaso terbaru dan link cek NIK Online CPNS 2021, NI PPPK guru dan non guru.

Pemerintah pusat telah memastikan rekrutmen CPNS ditiadakan pada tahun 2022 ini.

Pemerintah hanya akan melakukan seleksi bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepastian tak adanya pendaftaran CPNS 2022 ini disampaikan melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Baca juga: Penerimaan CPNS 2022 Masih Diadakan Melalui Skema Sekolah Kedinasan, Kapan Jadwal Pendaftarannya?

Baca juga: Berikut Kriteria dan Proses Seleksi CPNS 2023, Tenaga Honorer yang Akan Diangkat Wajib Tahu

"Untuk seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini, formasi untuk CPNS tidak tersedia. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2022," kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Adanya kebijakan merekrut PPPK, sebab sudah diimplementasikan beberapa negara maju.

Kebijakan tersebut adalah jumlah ASN yang jumlah civil servant atau pembuat kebijakan atau PNS lebih sedikit, dan jumlah government worker/public services (PPPK) lebih banyak.

"Mengacu kepada hal contoh baik tersebut, maka pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat," ungkap Menpan RB.

Pertimbangan lain untuk tidak membuka formasi CPNS 2022 adalah mengenai keterbatasan waktu.

Rangkaian pelaksanaan seleksi CPNS relatif membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan PPPK, sehingga dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu jika membuka formasi CPNS pada 2022.

"Namun, bukan sepenuhnya formasi CPNS dihilangkan dalam seleksi CASN tahun 2022. Formasi CPNS masih tetap dibuka melalui skema sekolah kedinasan," tutur dia.

Formasi CPNS, tambahnya, juga dapat dibuka kembali secara terbatas pada 2023 yang tentunya mengikuti arah kebijakan tahun tersebut serta dengan kejelasan kriteria bagi formasi jabatan yang akan dibuka untuk skema CPNS maupun PPPK.

Link cek NIK Online CPNS 2021, NI PPPK guru dan non guru

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan perkembangan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved