Berita Klaten Terbaru

Kabupaten Klaten Dapat Kado Tambahan, Berhasil Capai Universal Health Coverage di Hari Jadi ke-218

Pada Hari Jadinya yang ke-218, Kabupaten Klaten mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage di pertengahan 2022. 95,48% warga sudah terdaftar

Tribunsolo.com/Ibnu Dwi Tamtomo
Penyerahan penghargaan dari BPJS Kesehatan Universal Health Coverage (UHC) tahun 2022 dari Dirut BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti kepada Bupati Klaten, Sri Mulyani di Pendopo Bupati Klaten, Jumat (29/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Ibnu Dwi Tamtomo

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Pemkab Klaten kembali mendapatkan kado di Hari Jadi ke-218.

Hadiah tersebut berbentuk penghargaan dari BPJS Kesehatan lantaran bisa mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) di pertengahan tahun 2022 ini.

Sebanyak 95,48 persen atau 1.218.778 jiwa penduduk Kabupaten Klaten resmi terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 1.276.535 jiwa.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti menyerahkan langsung Piagam UHC kepada Bupati Klaten, Sri Mulyani di Pendopo Bupati Klaten, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Hadiah di Hari Jadi ke-218, Pemkab Klaten Terima 18 HAKI dari Kemenkumham

Baca juga: Bupati Klaten Minta Gibran Luangkan Waktu Bertemu Sembari Sarapan, Ini Alasannya

Penyerahan disaksikan oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klaten dan kepala daerah se-Solo Raya termasuk Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. 

“Saya sangat mengapresiasi dengan capaian UHC di Kabupaten Klaten. Ini menjadi wujud komitmen dan kehadiran pemerintah daerah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warganya. Semoga ketercapaian UHC ini bisa dirasakan langsung oleh penduduk Kabupaten Klaten,” kata Ghufron. 

Ghufron menjelaskan UHC merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

Diharapkan Ghufron jika UHC Kabupaten Klaten akan ada peningkatan kualitas dan layanan untuk peserta. 

Berbagai inovasi dikembangkan BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta JKN

Diantaranya, Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), antrean online, konsultasi online, skrining riwayat kesehatan, Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), dan lainnya. 

“Selain itu, dibutuhkan pula dukungan pemerintah daerah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan stakeholder tentang Program JKN ini," kata dia.

Baca juga: Hari Jadi ke-218 Klaten, Berikut Sejarah Singkat Kelahiran Klaten & Daftar Bupati dari Masa ke Masa

Baca juga: Upacara Hari Jadi ke-218 Klaten Buat Para Perajin Lurik Full Senyum Gegara Kebanjiran Order

"Misalnya melalui sosialisasi bersama kepada peserta JKN mengenai hak dan kewajiban serta alur dan prosedur layanan di era JKN. Termasuk inovasi yang sudah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Adanya Desa JKN di Desa Ponggok dan Desa Wunut sebagai upaya untuk mempermudah pelayanan administrasi kepesertaan di Kabupaten Klaten. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved