Berita Wonogiri Terbaru

Vaksinasi PMK di Wonogiri Terus Berjalan: Vaksin Datang, Sapi Langsung Disuntik

Vaksinasi PMK di Wonogiri terus dilakukan, hal ini sejalan dengan datangnya jatah vaksin dari pusat. Upaya ini untuk mencegah kasus PMK meluas.

Tribunsolo.com/Mardon Widiyanto
Ilustrasi Vaksinasi PMK pada Sapi. Wonogiri terus menggeber vaksinasi ini. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk ternak di Wonogiri terus dilakukan menyusul kedatangan gelombang jatah vaksin yang didapatkan Wonogiri.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memastikan tenaga kesehatan hewan yang dimiliki Wonogiri selalu siap untuk melakukan vaksinasi.

Menurutnya, begitu jatah vaksin diterima, pihaknya akan langsung menyuntikkan ke ternak-ternak prioritas agar tidak terjangkit PMK.

"Begitu nanti ada vaksin lagi dari pemerintah pusat, langsung akan kami lakukan vaksinasi kepada sapi-sapi di wilayah yang sudah kami petakan," kata dia, kepada TribunSolo.com, Jumat (5/8/2022).

Menurut Bupati yang akrab disapa Jekek itu, populasi sapi di Wonogiri mencapai 178 ribu ekor, dimana sapi-sapi tersebut sudah dipetakan potensi-potensinya.

Tinggal pihaknya bakal menunggu jatah vaksin yang menjadi kewenangan pemerintah pusat. Ketika vaksin datang, dipastikan tenaga kesehatan hewan di lapangan sudah siap.

"Di gelombang pertama dulu 1.500 dosis, untuk sekarang akumulasinya sekitar 6.000. Saat ini vaksinasi terus berjalan," ujar Jekek.

Baca juga: Kebo Bule Kiai Slamet Tak Jadi Berkurang : Kemarin Mati 1 Ekor Akibat PMK, Hari Ini Lahir 1 Ekor

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri, jatah vaksin yang diterima Wonogiri pada gelombang pertama sebanyak 1.500 dosis.

Selanjutnya, Wonogiri mendapatkan jatah vaksin lagi sebanyak 3.000 dosis. Lalu, mendapatkan jatah vaksin PMK lagi sebanyak 6.000 dosis.

"Yang 6.000 itu, untuk mengulang vaksin sasaran pertama dan kedua sejumlah 4.500 dosis. Sisanya sebanyak 1.500, untuk sapi sasaran baru," kata Kepala Dislapernak Wonogiri, Sutardi.

Sutardi menerangkan, vaksinasi PMK di Wonogiri menyasar ternak sapi sebagai prioritas. Dia menjelaskan, saat ini vaksinasi PMK terus berjalan.

Di bagian lain, pada Rabu (3/8/2022) lalu dilakukan vaksinasi PMK di wilayah Desa Domas, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo menerangkan, kegiatan vaksinasi itu dihadiri oleh Dinas, Perangkat Desa, Polsek dan warga setempat.

"Adapun hasil kegiatan vaksinasi sesuai target yaitu sebanyak 100 ekor sapi dari bermacam jenis, yakni lemosin, jawa dan metal," ujarnya. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved