Berita Wonogiri Terbaru

Disnaker Wonogiri: PT WJL Menyalahi Aturan, Musyawarah Dikedepankan dalam Penyelesaian Masalah Gaji

Disnaker Wonogiri turun tangan mengurusi persoalan yang terjadi di PT WJL. Dimana gaji karyawannya tidak dibayarkan dengan semestinya.

TribunSolo.com/Erlangga Bima Sakti
PT WJL yang berada di wilayah Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono Wonogiri, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wonogiri akan memfasilitasi pertemuan antara eks buruh PT WJL yang belum terbayarkan gajinya dengan pihak pabrik.

Seperti diketahui, setidaknya ada 74 mantan karyawan yang mengalami nasib getir, dimana gaji mereka bekerja selama dua bulan tidak dipenuhi oleh pabrik yang terletak di Kecamatan Jatisrono, Wonogiri itu.

Padahal kedua belah pihak telah sepakat bahwa buruh akan mendapatkan gaji UMK dan mendapatkan sejumlah fasilitas lain.

Kepala Disnaker Wonogiri, Ristanti, mengatakan atas kondisi itu PT WJL menyalahi aturan karena belum membayarkan hak karyawan.

"Yang namanya hak harus diberikan. Mereka juga sudah melakukan kewajibannya yakni bekerja disana," kata dia, kepada TribunSolo.com.

Baca juga: Nilai Tunggakkan Gaji PT WJL ke Karyawan Nyaris Rp 100 Juta, Janji Bayar Tapi Minta Diberi Waktu 

Menurutnya, permasalahan yang terjadi diduga disebabkan terdapat masalah keuangan yang dialami perusahaan sehingga dalam kondisi tidak sehat.

Jika kondisi keuangan perusahaan sehat, kata dia, bisa dipastikan para karyawan yang telah memenuhi kewajiban bekerja, akan mendapatkan gajinya.

"Dalam waktu dekat ini nanti akan kami lakukan mediasi  untuk mencari titik temu," jelasnya.

Namun jika tidak ada titik temu dalam mediasi itu, pengawas ketenagakerjaan bisa turun dan bahkan bisa didaftarkan ke Pengadilan Hubungan Industrial yang membawa ke peradilan.

Kendati demikian, imbuh Ristanti, langkah pertama yang dikedepankan adalah musyawarah untuk mencapai mufakat. 

Hampir Rp 100 Juta

PT Wonogiri Jaya Lestari (WJL) berjanji sanggup menyelesaikan masalah pembayaran hak karyawan selama dua bulan yang belum dibayarkan secara penuh. 

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wonogiri bersama dengan Forkopimcam melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan di PT WJL yang berada di wilayah Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono pada Jumat (23/9/2022) . 

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved