Berita Solo Terbaru

HUT RI Ke-74, Pemkot Solo Pentaskan Opera Kolosal Adeging Nagari Republik Indonesia

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pentaskan opera kolosal Adeging Nagari Indonesia di Halaman Balaikota Surakarta, Solo pada Minggu (18/8/2019).

HUT RI Ke-74, Pemkot Solo Pentaskan Opera Kolosal Adeging Nagari Republik Indonesia
TribunSolo.com/Adi Surya
Pementasan opera kolosal Adeging Nagari Republik Indonesia yang dipentaskan Pemkot Solo di Halaman Balaikota Surakarta, Solo pada Minggu (18/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com - Adi Surya

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pentaskan opera kolosal Adeging Nagari Indonesia di Halaman Balaikota Surakarta, Solo pada Minggu (18/8/2019).

Pementasan ini sebagai puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (HUT ke-74 RI) yang diselenggarakan Pemkot Solo.

"Jadi kegiatan ini merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74."

"Rangakain acara ini diawali dengan lomba-lomba, diteruskan dengan diadakannya karnaval, dan diakhiri dengan kegiatan opera Pementasan opera kolosal Adeging Nagari Republik Indonesia," tutur Kepala Dinas Kebudayaan Surakarta, Kinkin Sultanul Hakim.

Pementasan opera kolosal Adeging Nagari Republik Indonesia dihadiri oleh Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, dan sejumlah anggota veteran Dewan Harian Cabang (DHC) Kota Surakarta.

Opera kolosal Adeging Nagari Republik Indonesia akan menyuguhkan perpaduan tarian, musik, dan lagu dalam menceritakan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Pulang Kampung ke Madura dan Akan Menikah, Merry Sebut Tak Undang Mantan Bosnya, Raffi Ahmad

Student Vaganza UNS Raih Rekor Peragaan Bahasa Isyarat, Suarakan Hak Kesetaraan Pendidikan 

Shafa Harris Unggah Foto Keluarga & Ada Sang Ayah, Sarita Abdul Mukti: Your Daddy Love You So Much

"Melalui pementasan opera ini, kita diajak untuk mengingat perjuangan bangsa ini bukan sebagai pemberian dari negara lain, termasuk Belanda."

"Melainkan, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya sendiri dan memperjuangkannya secara terus-menerus," tutur Kinkin Sultanul Hakim.

Lebih lanjut, Kinkin, sapaan akrabnya, menuturkan Pemkot Solo melibatkan para seniman dan budayawan yang ada di Kota Solo dalam mementaskan opera kolosal ini.

"Pementasan ini sebagai bentuk kolaborasi para seniman dan budayawan yang ada di Solo."

"Kita melibatkan banyak pihak mulai dari sanggar, sekolah, seniman, dan lembaga yang ada di Solo," imbuh Kinkin.

Kinkin juga berharap pementasan opera kolosal Adeging Nagari Republik Indonesia dapat menjadi wadah aktualisasi bagi seniman di bidang seni dan budaya, serta ajang para seniman untuk saking berkolaborasi

(*)

Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved