Breaking News:

Berita Wonogiri Terbaru

Catat, Lur ! Syarat Perjalanan via Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri saat Libur Nataru

Sejumlah persiapan dilakukan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri mendekati hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

TribunSolo.com / Erlangga Bima
Suasana di Pintu Keberangkatan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Jumat (3/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Sejumlah persiapan dilakukan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri mendekati hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan pihaknya juga telah mendapatkan petunjuk dari Kementerian Perhubungan dalam persiapan menjelang momentum Nataru.

"Syarat perjalanan nanti ada pengetatan di protokol kesehatan (prokes)," terang Agus, Jumat (3/12/2021).

Dia menjelaskan, syarat wajib yang harus dipenuhi penumpang bus, khususnya dari lokasi keberangkatan adalah sudah divaksin.

Selain itu, penumpang juga harus bisa menunjukkan dirinya bebas dari Covid-19 dengan hasil rapid test antigen atau PCR yang sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Kondisi Terminal Wonogiri Jelang Libur Nataru, Pengelola : Jumlah Penumpang Mulai Ada Peningkatan

Baca juga: Cerita PKL Alun-Alun Wonogiri: Sepi Banyak yang Stop Jualan, Pasrah Diminta Tutup saat PPKM Level 3

Bukan hanya untuk penumpang, kata dia, armada bus yang boleh beroperasi dalam momentum Nataru itu dibatasi hanya 50 persen dari masing-masing perusahaan.

"Tidak semua armada dijalankan, hanya 50 persen. Kalau faktor penumpang bus juga dibatasi, maksimal 70 persen kapasitas maksimal bus," paparnya.

Agus mengatakan pihaknya juga telah diinstruksikan untuk melakukan ram check atau pemeriksaan keselamatan jalan untuk bus yang masuk di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri.

Jika lolos pemeriksaan keselamatan jalan tersebut, bus akan dipasangi stiker khusus yang menunjukkan bahwa armada itu benar-benar layak jalan.

"Ada stiker, tapi stiker ini bukan stiker angkutan Nataru maupun angkutan Lebaran. Stikernya hanya untuk bus yang lolos inspeksi," ujar Agus.

Lebih jauh, Agus menjelaskan bahwa pembatasan keberangkatan akan dilakukan di Terminal keberangkatan, yakni mulai pukul 05.00 pagi hingga 21.00 malam.

Kendati demikian, pihaknya masih akan menunggu kebijakan Pemkab Wonogiri mengingat Terminal Tipe A Giri Adipura menjadi terminal tujuan.

Apakah nanti pihaknya akan menggelar rapid test antigen secara acak bagi penumpang kedatangan seperti yang dilakukan pada momentum libur panjang sebelumnya?

"Kami tetap menunggu yang menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten, seandainya nanti akan didirikan posko kesehatan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri, kita siap membantu," tandas dia. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved