Berita Sukoharjo Terbaru

Cegah Potensi Gesekan di Malam Satu Suro, Perguruan Pencak Silat di Sukoharjo Dikumpulkan

Perguruan pencak silat di Sukoharjo dikumpulkan oleh Polres setempat. Mereka diedukasi untuk tidak bergesekan satu sama lain selama malam satu suro.

Tribunsolo.com/Erlangga Bima Sakti
Silaturahmi Polres Sukoharjo bersama perguruan pencak silat yang tergabung dalam IPSI Sukoharjo, Kamis (21/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Polres Sukoharjo mengumpulkan perguruan pencak silat yang tergabung dalam IPSI Sukoharjo, pada Kamis (21/7/2022) malam.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah potensi gesekan antar perguruan pencak silat mendekati malam satu suro.

Sebagaimana diketahui, di bulan suro sejumlah perguruan pencak silat biasanya memiliki hajat masing-masing.

Baca juga: Stok Vaksin PMK Datang Lagi, Ternak di Sukoharjo Langsung Disuntik : Prioritas Daerah Perbatasan

Baca juga: Kecelakaan Suzuki Spin Vs Yamaha R15 di Sukoharjo: Dua Korban Luka Berat, Dilarikan ke Rumah Sakit 

Sehingga diperkirakan ada potensi timbulnya gesekan disana.

Menyikapi hal itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pihaknya menggelar koordinasi dan silaturahmi dengan sejumlah perguruan pencak silat yang tergabung dalam IPSI Sukoharjo.

"Berkumpul dengan IPSI dan ketua-ketua perguruan ini salah satu upaya kita menjalin silaturahmi, sehingga nanti apabila perguruan akan melakukan kegiatan pengesahan bisa berkoordinasi dengan kita," kata dia, kepada TribunSolo.com.

AKBP Wahyu menerangkan, teknis kegiatan pengesahan yang dilakukan oleh perguruan pencak silat itu, nantinya akan diatur.

Misal transportasi anggota perguruan pencak silat itu menggunakan mobil, sehingga pergerakan lebih terkoordinir karena tidak ada konvoi sepeda motor.

"Kemudian jam dan waktu pelaksanaannya juga diatur, sehingga bisa dikoordinasikan. Misalnya di Kartasura jam sekian, di tempat lain jam sekian jadi dari Polri bisa membantu pengamanan," jelasnya.

Baca juga: Aksi Polisi Cilik dan Polwan Kendarai Moge Sukses Hibur Pengunjung di Sukoharjo Makmur Festival

Baca juga: Bupati Etik Wacanakan SD-SMP di Sukoharjo Punya Gamelan: Biar Anak-anak Kenal Tradisi 

Menurut Kapolres, hingga Kamis (21/7/2022) malam sudah ada tiga perguruan pencak silat yang mengajukan izin untuk melakukan kegiatan.

Adapun waktu yang diajukan tidak bersamaan.

Sementara itu, Ketua IPSI Sukoharjo, Wiyono, menyebut pihaknya sudah mengumpulkan ketua-ketua perguruan pencak silat di Sukoharjo perihal pengamanan pada kegiatan pengesahan yang akan dilakukan.

"InsyaAllah kondusif, semuanya sudah saya tanyakan dan sudah mempersiapkan diri termasuk keamanannya misal ada kegiatan pengesahan," ujarnya.

Wiyono menambahkan, anggota pencak silat yang biasanya mengikuti rombongan bila ada pengesahan, diimbau untuk kegiatan di rumah masing-masing.

"Total anggota perguruan ada 17. Dengan anggota masing-masing yang bermacam-macam, ada yang satu perguruan 8 ribu orang, 5 ribu orang sehingga bila dikumpulkan ada puluhan ribu," jelasnya.

(*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved