Cara Plank yang Benar

Manfaat Plank untuk Menguatkan Punggung dan Perut, Bisa Gantikan Sit-Up

Apa itu plank? Plank adalah gerakan yang memusatkan pada inti, yaitu yang memberikan tekanan pada otot perut, punggung, dan pinggul.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Parapuan.co
Ilustrasi cara melakukan gerakan plank yang benar. 

TRIBUNSOLO.COM --  Ada banyak manfaat melakukan plank secara rutin setiap harinya.

Apa itu plank? Plank adalah gerakan yang memusatkan pada inti, yaitu yang memberikan tekanan pada otot perut, punggung, dan pinggul.

Gerakan plank saat ini semakin populer dan bahkan menggeser sit-up.

Ada yang menyebut dengan latihan sit-up, dijamin perut dan lingkar pinggang menjadi lebih ramping, sementara latihan plank atau papan, hanyalah gerakan yang diam atau statis.

Baca juga: Manfaat Plank untuk Membuat Wajah Terlihat Awet Muda, Bisa Dipadukan Variasi Olahraga Ini

Namun itu adalah anggapan lawas, pasalnya saat ini  latihan papan atau plank position, di mana kita mengambil posisi dan menahannya, adalah standar emas untuk melatih inti, sementara sit-up dan crunch klasik tidak lagi disukai.

Mengapa terjadi pergeseran? Salah satu alasannya adalah bahwa sit-up memberi tekanan di punggung , gerakan ini mendorong tulang belakang yang melengkung ke lantai dan melatih fleksor pinggul kita otot-otot yang membentang dari paha ke vertebra lumbar di punggung bawah.

Ketika fleksor pinggul terlalu kuat atau terlalu kencang, mereka menarik tulang belakang bagian bawah, yang dapat membuat punggung bagian bawah tidak nyaman.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Berat Tiap Hari, Coba Rutin Lakukan Gerakan Plank Berikut

Sedangkan, posisi papan atau plank memberi  keseimbangan otot yang lebih baik di bagian depan, samping, dan belakang tubuh selama latihan daripada melakukan sit-up, yang hanya menargetkan beberapa otot.
 
Melakukan plank selama 30 detik atau satu menit dapat meningkatkan kebugaran secara menyeluruh dan mengencangkan otot inti.

Sebab, dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, serta aktivitas olahraga dan rekreasi, meminta otot-otot  kita  untuk bekerja bersama, bukan sendirian.

Sit-up atau push-up hanya memperkuat beberapa kelompok otot. 

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved