Berita Wonogiri Terbaru

Gaji 2 Bulan Kerja Puluhan Buruh di Jatisrono Wonogiri Tak Kunjung Dibayar, Pabrik Belum Ada Uang?

Puluhan buruh pabrik di Jatisrono Wonogiri akhirnya mengadu ke Forkopimcam usai gaji mereka tak dibayarkan selama dua bulan terakhir

TribunSolo.com/Erlangga Bima Sakti
Puluhan buruh mengadu ke Forkopimcam Jatisrono karena gaji mereka tidak dibayarkan sesuai perjanjian, Kamis (22/9/2022) siang. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Puluhan buruh pabrik PT Wonogiri Jaya Lestari (WJL) mendatangi Kantor Kecamatan Jatisrono pada Kamis (22/9/2022) siang.

Puluhan warga itu datang ke Kantor Camat untuk mengadu dan meminta bantuan permasalahan gaji yang tidak dibayarkan oleh pabrik tempat mereka bekerja.

Camat Jatisrono, Suradi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Disnaker Wonogiri soal permasalahan itu.

Baca juga: Gaji Tidak Jelas, Puluhan Buruh Pabrik di Jatisrono Wonogiri Mengadu ke Camat

Baca juga: Jejak Sejarah Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda di Wonogiri: Onderneming Mento Toelakan

Para buruh yang haknya tidak dipenuhi oleh perusahaan kemudian diminta agar segera membuat laporan tertulis sehingga agar bisa ditangani.

"Karyawan-karyawan itu datang kesini karena ada haknya yang belum dibayarkan. Gaji bulan Juli sebagian, Agustus belum dibayar, janjinya tanggal 20 September kemarin," kata dia, kepada TribunSolo.com.

Camat mengatakan, hingga waktu jatuh tempo yang dijanjikan oleh pabrik, hak karyawan-karyawan itu juga belum bisa terpenuhi.

Padahal, awalnya kedatangan pabrik tersebut dinilai dapat membantu perekonomian warga karena gaji sesuai dengan UMK, sehingga masyarakat bisa bekerja di dekat rumah.

"Awalnya kami juga senang ada pabrik di sini. Gajinya sudah UMK. Tapi di tengah perjalanan kok tidak sesuai," jelasnya.

Beberapa waktu lalu, kata dia, Forkopimcam Jatisrono sudah mendatangi PT WJL saat terdengar permasalahan gaji buruh yang tak dibayar sesuai perjanjian itu.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved