Breaking News:

Info Kesehatan

Benarkah Mentimun Bisa Bantu Mencegah Diabetes? Simak Penjelasannya

Mentimun adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi para penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

net
Ilustrasi mentimun 

TRIBUNSOLO.COM - Diabetes adalah salah satu penyakit yang ditakuti sejumlah orang karena tergolong dalam penyakit serius sehingga perlu mendapat perhatian khusus.

Penyebab diabetes sangat beragam tetapi yang paling umum adalah konsumsi makanan berkalori tinggi dan pola hidup yang tidak sehat. Selain itu, berat badan berlebih juga bisa menjadi salah satu pemicunya.

Lalu bagaimana?

Sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah mengontrol gaya hidup dan pola makan. Cara sangat efektif untuk mengontrol atau mencegah penyakit dan komplikasinya. Ini membuat para penderita memiliki hidup yang lebih berkualitas.

Baca juga: Cara Mencegah Diabetes Tipe 2, Lakukan 5 Tips Berikut Ini Termasuk Tingkatkan Vitamin D

Baca juga: 3 Rekomendasi Jenis Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes, Apa Saja?

Baca juga: Tak Hanya Bikin Perut Lebih Kenyang, Buah Beri Ternyata Bisa Cegah Diabetes, Ini Penjelasannya

Beberapa makanan diketahui memiliki senyawa aktif yang bisa membantu mengontrol adar glukosa dan meningkatkan hiperglikemia ditemukan di banyak makanan fungsional seperti buah-buahan, jamu dan sayuran.

Salah satu sayuran yang sering disebut adalah mentimun karena dianggap bisa mengontrol diabetes dengan baik. Benarkah?

Melansir dari Boldsky, mentimun membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang merupakan penyebab utama diabetes.

Maksudnya, senyawa aktif yang ada dalam ketimun atau senyawa bioaktif yang diekstrak dari mentimun yang bertanggung jawab atas efek anti-diabetesnya. Keluarga Cucurbitaceae yang termasuk dalam ketimun dikenal karena kandungan kimianya yang meliputi saponin, minyak atsiri dan minyak tetap, flavon, karoten, tanin, steroid, resin, dan protein, yang membantu mencegah berbagai penyakit, termasuk diabetes.

Selain itu, Indeks glikemik (GI) adalah angka yang ditetapkan untuk item makanan berdasarkan seberapa cepat atau lambat mereka meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh setelah dikonsumsi.

Nah, jika suatu makanan tertentu memiliki GI rendah, artinya meningkatkan kadar glukosa secara perlahan sehingga mengurangi risiko diabetes dan sebaliknya.

Halaman
1234
Penulis: Reza Dwi Wijayanti
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved